Minggu, 18 Oktober 2009


Memilih pakaian yang akan dikenakan menjadi hal yang jamak dilakukan sebelum memulai katifitas sehari-hari. Membuka lemari, memilah baju dan aksesori yang dirasakan pas untuk dipakai pada hari itu seolah menjadi "ritual " yang wajib dilakukan.

Oleh karena itu, agar efisien saat memilih, maka baju yang disusun rapi di dalam lemari menjadi hal mutlak dipenuhi.

Ada beberapa kiat praktis dapat dilakukan untk menata kembali lemari pakaian:

Seleksi pakaian dan pisahkan menurut frekuensi pemakaian. Anda dapat menyimpan pakaian jika masih dalam kurun waktu setahun. Apabila dalam waktu setahun ini sudah tidak dipakai dan tidak sesuai bentuk tubuh, kumpulkan dalam kantung dan dapat disumbangkan.

Susun baju berdasarkan fungsi baju itu, apakah sebagai baju kerja, atau baju pesta, atau pun baju berdasarkan warna, dan disusun berdasarkan ukuran pakaian itu. Contohnya, untuk kemeja dapat disusun di depan. Mulai dari kemeja berlengan pendek, dan dibelakang untuk kemeja berlengan panjang. Agar tampilan isi lemari pakaian lebih rapi, pilihlah gantungan baju yang bahannya serupa seperti kayu, plastik atau kawat.

Atur pakaian sesuai zona dalam lemari pakaian. Dalam lemari, ada bagian -bagian yang terpisah, seperti untuk menggantung pakaian, laci, rak atas, tengah danrak bawah, dan sisi dalam pintu lemari. Sebagai contoh, di rak atas dapat diletakkan baju-baju untuk musim tertentu, seperti baju hangat dari wol, atau topi dan tas. Untuk sisi dalam pintu lemari dapat digantung dasi dan syal, ikat pinggang, dengan bahan yang ringan.

Melipat pakaian sesuai jenis dan fungsinya. Misalnya, sebagai pakaian atasan, kelompok kaos dan polo-shirt. Pakaian untuk bawahan sepeti rok dan celana. Meletakkan pakaian yang dilipat dapat lebih detil sesuai dengan fungsinya sebgai busana kerja atau santai. Untuk memudahkan pencarian, tatalah dari yang berukuran besar di bagian bawah dan kecil di bagian atas tumpukan.

Terakhir, jangan lupa, untuk menaruh pengharum pakaian untuk menghindarkan bau apek pada lemari pakaian Anda.

1 komentar:

  1. infonya sangat bagus gan.
    visit me: hhtp://dpc-faster.blogspot.com

    BalasHapus